Dinas P&K Pemkot Tangsel Gelar Bimtek untuk 150 Pustakawan dengan Kehadiran Komisioner BNSP Prof. Amilin

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan. (11/6/24)

Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan. (11/6/24)

HAIIDN.COM – Komisioner BNSP, Prof. Amilin, menghadiri undangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangerang Selatan (Dinas P&K Pemkot Tangsel) sebagai narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pustakawan pada 11 Juni 2024.

Prof. Amilin menyatakan, “Pustakawan kompeten harus memiliki pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja yang diukur melalui uji kompetensi sesuai standar kerja.”

Menurut Prof. Amilin, BNSP mendorong pustakawan untuk sertifikasi kompetensi melalui LSP berlisensi BNSP guna meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan literasi masyarakat.

Acara Bimtek ini diikuti oleh 150 pustakawan dari berbagai perpustakaan di bawah Dinas P&K Pemkot Tangsel, termasuk perpustakaan umum kota, kecamatan, keliling, serta sekolah dari SD hingga SLTA.

Bimtek ini dilaksanakan di Gedung Depot Arsip Kota Tangerang Selatan dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Tangsel, Drs. R. Sigit Widodo N, MS.i, mewakili Kepala Dinas.

Dalam sambutannya, Sigit Widodo menekankan pentingnya peran pustakawan dalam mencerdaskan masyarakat melalui layanan literasi. Bimtek ini penting untuk meningkatkan kompetensi mereka.

“Layanan profesional dari pustakawan kompeten diharapkan menjadikan membaca sebagai budaya masyarakat, membuka wawasan yang lebih luas,” pungkas Sigit Widodo.

Ketua Panitia Bimtek, Yuli Puspitasari, S.Kom, MM, menyatakan bahwa tujuan Bimtek ini adalah memberikan wawasan kepada pustakawan mengenai pentingnya sertifikasi kompetensi profesi.

“Pustakawan harus mengikuti uji kompetensi oleh Asesor Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi berlisensi BNSP untuk memastikan kompetensi sesuai standar nasional,” jelas Yuli.

Selain Prof. Amilin, Bimtek ini juga menghadirkan dua narasumber lainnya, yaitu Luthfiati Makarim, SS, M.M dari LSP-P3 Pustakawan dan Ulpah Andayani, S.Ag, SS, M.Hum dari Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kedua narasumber berbagi pengalaman tentang menjadi pustakawan profesional dan strategi sukses dalam uji kompetensi. Sesi materi dari narasumber diakhiri dengan diskusi.

Diskusi dipandu oleh Tomi Patria Edwardy, ST, M.Si, Kepala Bidang Penyelenggaraan Kearsipan Perpustakaan Pemkot Tangsel. Tomi memandu sesi dengan lancar dan interaktif.

Dalam sesi diskusi, peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana belajar yang dinamis. Para pustakawan antusias mendapatkan ilmu baru.

Para peserta menyatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan relevan dengan pekerjaan mereka sehari-hari. Mereka berharap Bimtek seperti ini bisa rutin diadakan.

Dengan mengikuti Bimtek ini, diharapkan para pustakawan dapat meningkatkan kompetensi mereka dan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Pustakawan yang kompeten tidak hanya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan literasi dan kecerdasan masyarakat.

Diharapkan setelah Bimtek ini, pustakawan dapat menjalani uji kompetensi dan memperoleh sertifikasi yang diakui, sehingga mampu memberikan layanan terbaik.

Komitmen BNSP dan Dinas P&K Pemkot Tangsel dalam mengadakan Bimtek ini menunjukkan perhatian serius terhadap peningkatan kompetensi pustakawan di Indonesia.

Dengan sertifikasi kompetensi, pustakawan diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat akan informasi yang berkualitas dan terstruktur.

Prof. Amilin mengapresiasi antusiasme peserta dan berharap Bimtek ini menjadi langkah awal menuju profesionalisme pustakawan yang lebih tinggi di masa depan.

Acara ditutup dengan pesan Prof. Amilin agar pustakawan terus belajar dan mengembangkan diri, serta mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pelayanan sehari-hari.

Bimtek ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pustakawan dan layanan perpustakaan di Kota Tangerang Selatan, mendukung kemajuan literasi nasional.

Sempatkan untuk membaca berbagai berita dan informasi seputar ekonomi dan bisnis lainnya di media Minergi.com dan Haibisnis.com

Jangan lewatkan juga menyimak berita dan informasi terkini mengenai politik, hukum, dan nasional melalui media Kontenberita.com dan Harianbanten.com

Sedangkan untuk publikasi press release di media ini atau serentak di puluhan media lainnya, klik Rilisbisnis.com (khusus media ekbis) dan Jasasiaranpers.com (media nasional)

WhatsApp Center: 08531555778808781555778808111157788.

Pastikan download aplikasi portal berita Hallo.id di Playstore (android) dan Appstore (iphone), untuk mendapatkan aneka artikel yang menarik.

Berita Terkait

BNSP Gelar Pelatihan SMM, 40 Auditor LSP Tingkatkan Kompetensi untuk Jaminan Mutu Sertifikasi di Indonesia
BNSP, Ditjen Binalavotas, dan Kementerian PUPR Bahas Percepatan Sertifikasi Kompetensi di Rakor Jakarta
Kolaborasi Perbankan: LSP Perbanas, Himbara, IBI, dan BARa Rayakan Idul Fitri di BNSP
BNSP, Kementerian PUPR, dan LPJK Implementasikan Strategi Berbasis Risiko dalam Sertifikasi Tenaga Kerja
BNSP Menyetujui Lisensi Sertifikasi untuk LSP Bank Mandiri: Mewujudkan Masyarakat yang Lebih Terdidik dan Terampil
Soal Motif Satu Keluarga Bunuh Diri di Apartemen Teluk Intan Tower Topas, Begini Keterangan Polisi
Dugaan Pelecehan Siswi SMP di Jakarta Selatan, Polisi Mulai Periksa Terlapor Seorang Oknum Pejabat
Tanggapi Aksi Orang yang Bergaya Seperti Koboi Jalanan, Kapolda: Bantu Videokan dan Capture Muka Pelaku
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:23 WIB

Partai Gerindra Buka Peluang Dukung Pasangan Kaesang Pangarep dan Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng

Selasa, 9 Juli 2024 - 07:17 WIB

Tanggapan Presiden Jokowi Setelah Kaesang Pangarep Dikabarkan akan Maju dalam Kontestasi Pilkada

Senin, 8 Juli 2024 - 23:17 WIB

Kaesang Pangarep Menjadi Calon Gubernur Kedua Terpopuler di Pilkada Jawa Tengah, Setelah Raffi Ahmad

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:56 WIB

Ini Daftar Lengkap Pengurus hingga Tahun 2025 DPP DPIP, Megawati Lantik Ganjar dan Ahok Sebagai Pengurus

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:04 WIB

Sejumlah Pihak yang Minta Menkominfo Budi Arie Setiadi Mundur, Begini Respons Presiden Jokowi

Sabtu, 29 Juni 2024 - 13:49 WIB

PKB Beri Penjelasan Soal Usung Kader PDIP Tri Rismaharini untuk Cslon Wagub pada Pilkada Jawa Timur 2024

Senin, 24 Juni 2024 - 08:33 WIB

Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, Mohamad Sohibul Iman Diusung PKS Jadi Calon Gubernur Jakarta

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:00 WIB

Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi Menangkan Pilkada 2024

Berita Terbaru